Mahasiswa Farmasi UNJAYA Raih Penghargaan Duta Kosmetik Aman Yogyakarta

Thumbnail Mahasiswa Farmasi UNJAYA Raih Penghargaan Duta Kosmetik Aman Yogyakarta

Sleman- Duta Kosmetik Aman merupakan salah satu program unggulan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program ini merupakan salah satu wujud pemberdayaan masyarakat tentang pemahaman mengenai kosmetik aman.

Duta Kosmetik Aman ini akan berperan sebagai influencer dalam peningkatan pemahaman masyarakat tentang kosmetik aman sehingga terwujudnya konsumen cerdas dan berdaya. Kegiatan ini diawali dengan pendaftaran, seleksi administrasi, dan speech contest kemudian dilanjutkan dengan pemilihan 3 (tiga) orang duta terbaik yang akan diikutsertakan dalam pemilihan duta jamu aman dan kosmetika aman tingkat nasional.

Ferdy Pramudia (192205035), mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta terpilih menjadi Duta Kosmetik Aman DI Yogyakarta yang telah diseleksi langsung oleh BPOM DIY. Pada seleksi speech contest, peserta diminta untuk menjelaskan ulang materi yang diberikan ketika bimbingan teknis. Ferdy bersaing dengan 30 calon duta yang sudah di seleksi oleh setiap Universitas yang ada di seluruh wilayah DI Yogyakarta. 3 Duta terbaik yang terpilih akan menjalankan kewajibannya selama periode Juni s/d Oktober 2022.

Mereka akan diberikan training duta sebelum pembekalan materi dan menjalankan kewajibannya. Selama periode menjadi duta mereka berkewajiban untuk melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat tentang keamanan dan manfaat obat tradisional/kosmetika aman melalui komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) secara offline/online serta membuat video edukatif tentang obat tradisional/kosmetika aman.

Ferdy memberikan gambaran KIE yang akan ia buat, targetnya adalah pelajar dan kalangan muda tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk masyarakat luas. Pencapaiannya tersebut tidak terlepas dari usaha dan doanya dalam mengikuti seleksi, “Ketika mendapat undangan Bimtek saya hadir tepat waktu sesuai dengan jam yang ditentukan dan mengikuti kegiatan hingga akhir” Sambung Ferdy pada kamis, (09/06/2022)

Ferdy mengatakan bahwa ia sangat bersyukur, senang, serta bangga karena bisa mewakili DI Yogyakarta ke kancah Nasional dan membawa almamater UNJAYA. Ia memberikan kalimat motivasinya untuk teman-teman lain “To impress, you must express!”. Pesannya kepada mahasiswa UNJAYA lain adalah jangan pernah takut untuk mencoba dan berusaha, karena ketika kita takut sebelum mencoba itu akan menjadi suatu kegagalan bagi kita sendiri.-Dn


#bpom #dutakosmetik #yogyakarta #mahasiswaberprestasi #farmasi #unjaya #fkes

Published: 13 Jun, 2022