Mahasiswa UNJAYA Raih Juara 1 Pitching Demo Day KMMI Scrum Project Manajemen Kampus Merdeka

Thumbnail Mahasiswa UNJAYA Raih Juara 1 Pitching Demo Day KMMI Scrum Project Manajemen Kampus Merdeka

Pitching Demo Day KMMI merupakan salah satu implementasi dari program kampus merdeka yang diselengkaran oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kegiatan yang berbentuk course selama 2 Bulan ini diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Dengan menggandeng 2 mitra yaitu PT Divistan Indonesia dan Yayasan WeShare Indonesia progran ini berlangsung mulai tanggal 16 Agustus 2021 s/d 10 Oktober 2021.

Shindy Mardina Putri (202102041) Program studi Informatika, Fakuktas Teknik dan Teknologi Informasi merupakan Mahasiswa UNJAYA yang berhasil meraih Juara 1 pada Project Management tersebut. Program yang Shindy ikuti mengusung materi tentang Scrum Project Management, dimana sistem ini banyak digunakan oleh perusahan yang bergerak di bidang teknologi. Kegiatannya berlangsung seperti kelas pada umumnya, dan para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kerja yang terdiri dari 4-8 Mahasiswa. Setelah mempelajari materi course, setiap kelompok mahasiswa ditugaskan untuk membuat proyek besar di akhir kegiatan.  Kemudian seluruh peserta mempresentasikan rancangan proyeknya untuk diseleksi dan dipilih rancangan terbaik diantara banyaknya kelompok yang ada. Rancangan proyek terbaik diumumkan pada 10 Oktober 2021 dan Shindy bersama Timnya berhasil meraih Juara 1.

Shindy membuat rancangan produk game edukasi anak yang dinamakan Sibatu (Sistem Baca dan Tulis), dimana game tersebut berfokus pada bacaan alfabet dan kata sederhana beserta interaksi dengan menuliskannya. Produk ini dirancang untuk anak usia dini kisaran 4-6 tahun. Karena anak dengan usia tersebut mulai memiliki rasa keingintahuan dan mencoba mencorat-coret sesuatu. Melihat realita yang ada di Indonesia saat ini, dengan adanya pandemi, angka buta huruf yang masih tinggi, serta tuntutan ekonomi keluarga dimana para orang tua sibuk mencari nafkah sehingga tidak bisa mendampingi anaknya belajar secara langsung.

Berdasarkan permasalahan  yang ada, Shindy dan Tim berinisiatif membuat rancangan produk game edukasi anak yang bisa dimainkan si anak sambil belajar dengan tetap bisa dipantau oleh orangtuanya secara tidak langsung. Harapannya, semoga melalui rancangan produk ini tentunya semakin memperluas wawasan ide,  inovasi,  dan kreativitas dibidang teknologi, bisa ikut serta berpartisipasi membangun pendidikan di Indonesia khususnya untuk anak usia dini juga sebagai terobosan baru karya anak bangsa yang bisa dikembangkan lagi menjadi produk jadi dengan menggandeng mitra industri lain.


#kmmi #kampusmerdeka #unjaya #ungguldanterdepan #kemdikbud #ftti #informatika

Published: 10 Jan, 2022